LAB 18 : Cara Menkonfigurasi Sistem Kontrol dan Monitoring

Mengkonfigurasi Sistem Kontrol dan Monitoring Pada Windows Server 2016


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada blog kali ini saya akan menjelaskan cara mengkonfigurasi Sistem Kontrol dan Monitoring Pada Windows Server 2016.

Daftar isi :


>Pengenalan
   1. Pengertian
   2. Macam Macam
   3. Tujuan
   4. Fungsi
   5. Tahapan
   6. Aplikasi
   7. Fitur Utama PRTG
>Topologi
>Konfigurasi
>Notifikasi Server by Email



Pengenalan


Pengertian

Monitoring Jaringan Komputer adalah proses pengumpulan dan melakukan analisis terhadap data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki Jaringan Komputer. Monitoring jaringan ini merupakan bagian dari manajemen jaringan.Hasil monitoring juga dapat membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada. Banyak hal dalam jaringan yang bisa dimonitoring, salah satu diantaranya load traffic jaringan yang lewat pada sebuah router atau interface komputer. Monitoring dapat dilakukan dengan standar SNMP, selain load traffic jaringan, kondisi jaringan pun harus dimonitoring, misalnya status up atau down dari sebuah peralatan jaringan. Hal ini dapat dilakukan dengan utilitas ping. 


2. Macam Macam 

Monitoring Jaringan Komputer dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
a.) Connection Monitoring
Connection monitoring adalah teknik monitoring jaringan yang dapat dilakukan dengan melakukan tes ping antara monitoring station dan device target, sehingga dapat  diketahui bila koneksi terputus.
b.) Traffic Monitoring
Traffic monitoring adalah teknik monitoring jaringan dengan melihat paket aktual dari traffipada jaringan dan menghasilkan laporan berdasarkan traffic jaringan.


3.Tujuan 

  1. Dapat menjaga stabilitas jaringan karena kondisi jaringan selalu terpantau oleh admin sehingga apabila suatu saat jaringan dalam keadaan yang abnormal dapat segera ditangani oleh admin.
  2. Mempermudah dalam pengawasan jaringan yang memiliki jumlah mesin ( host) yang besar.
  3. Membantu admin untuk lebih mudah mendeteksi kesalahan pada jaringan, gateway, server maupun user.
  4. Untuk memberitahu trouble kepada administrator jaringan secepatnya.Mempermudah analisis troubleshooting pada jaringan.
  5. Mempermudah dalam pembuatan dokumentasi jaringan.

4. Fungsi

  1. Membantu dan mempermudah admin jika ingin mendesain ulang jaringan.
  2. Mengatur flow kontrol data dan paket yang berlalu lintas dalam jaringan.
  3. Membantu admin untuk dapat mengetahui aktivitas yang berlangsung dalam jaringan.
  4. Mampu menganalisa kinerja jaringan komputer untuk membantu admin mengetahui berbagai informasi mengenai kinerja jaringan seperti kecepatan akses dan koneksi jaringan ke internet.
  5. Mengamati sistem keamanan jaringan sehingga apabila pada saat monitoring admin melihat ada kelemahan pada sistem keamanan tersebut kelemahan tersebut dapat cepat diperbaiki.

5. Tahapan

Secara garis besar tahapan Monitoring jaringan hanya terbagi dalam 3 tahapan, yaitu:

1. Tahap PengumpulanPada tahap ini terdapat proses pengumpulan data monitoring yang terdapat pada jaringan.2.  Tahap AnalisisProses analisis data monitoring dalam jaringan.3. Tahap Menampilkan HasilTahap ini akan menampilkan data hasil monitoring yang telah dilakukan. 

6. Aplikasi 

  • Nmap
  • Wireshark
  • Look@LAN
  • Angry IP Scanner
  • Dude
  • PRTG

7. Fitur Utama PRTG

1.) Flexible alerting

PRTG hadir dengan 10 teknologi built-in seperti email, push, play file audio alarm, atau memicu permintaan HTTP. PRTG di tempat juga mendukung pesan teks SMS dan mengeksekusi file EXE.Pemberitahuan push gratis kami membantu Anda tetap mendapatkan informasi terbaru saat menggunakan perangkat seluler Anda.Adaptasikan sistem pemberitahuan untuk memenuhi kebutuhan Anda dan jadwalkan peringatan (seperti 'tidak ada peringatan prioritas rendah di malam hari'), atau hindari banjir alarm dengan menggunakan dependensi dan pengakuan. Anda bahkan dapat menggunakan API PRTG kami untuk menulis pemberitahuan Anda sendiri.


2.) Multiple user interfaces


  • Antarmuka web berfitur lengkap: didasarkan pada AJAX dengan standar keamanan tinggi , kinerja tinggi berkat teknologi Aplikasi Halaman Tunggal (SPA), dan penyesuaian optimal untuk sistem Anda dengan desain responsifnya
  • Aplikasi PRTG Desktop : aplikasi asli untuk PRTG, terutama untuk beberapa instalasi PRTG
  • Aplikasi untuk IOS dan Android
  • Semua antarmuka pengguna memungkinkan akses lokal dan jarak jauh yang dijamin SSL dan dapat digunakan secara bersamaan. 


3.) Cluster failover solution 

Selalu lebih baik aman daripada menyesal. Penanganan failover otomatis: jika master utama cluster tidak terhubung atau sedang down, node lain segera mengambil alih semua tanggung jawabnya, termasuk pengiriman pemberitahuan.Manfaatkan beberapa titik pemantauan keberadaan: semua node memantau semua sensor sepanjang waktu, sehingga Anda dapat membandingkan waktu respons dari berbagai lokasi di jaringan (LAN / WAN / VPN).Versi PRTG yang dihosting juga dilengkapi dengan pemantauan ketersediaan tinggi. Kami mengurusnya untuk Anda sehingga tidak ada dukungan cluster di cloud.


4.) Maps and dashboards

Visualisasikan jaringan Anda menggunakan peta waktu nyata dengan informasi status langsung.Buat dasbor dengan perancang peta PRTG dan mengintegrasikan semua komponen jaringan Anda dengan lebih dari 300 objek peta yang berbeda - dari ikon perangkat dan status hingga grafik lalu lintas dan daftar teratas. Individualisasi peta Anda menggunakan HTML khusus .Bagikan peta Anda dengan memberikan URL uniknya di dasbor dalam LAN perusahaan Anda saja, atau bahkan di luar perusahaan Anda.



5.) Distributed monitoring
  • Pantau beberapa jaringan di lokasi yang berbeda dan jaringan terpisah di perusahaan Anda (misalnya, DMZ dan LAN) dengan PRTG Remote Probe .Gunakan probe jarak jauh untuk memantau LAN Anda dengan versi PRTG yang di-host.
  • Dapatkan ikhtisar dalam satu instalasi inti PRTG pusat.
  • Anda juga dapat menggunakan probe jarak jauh untuk mendistribusikan beban pemantauan.
  • Setiap lisensi PRTG termasuk probe jarak jauh tanpa batas.
  • Sebagai MSP Anda dapat memonitor jaringan pelanggan Anda dan meningkatkan kualitas layanan.


6.) In-depth reporting 

Dapatkan angka, statistik, dan grafik dari data atau konfigurasi pemantauan spesifik Anda .Mengekspor data pemantauan historis Anda sebagai file PDF, HTML, XML, atau CSV dan selanjutnya memproses data pemantauan Anda. Jalankan laporan atas permintaan atau jadwalkan laporan rutin (harian, mingguan, bulanan).


Topologi



Konfigurasi

1.) Pertama kita akan mendownload aplikasi monitoring yaitu "PRTG Network Monitor". Caranya ketik link https://www.paessler.com/ pada kolom search, lalu kita klik "FREE DOWNLOAD" untuk mendownload PRTG dengan versi trial 30 hari.

2.) Kemudian setelah kita klik "FREE DOWNLOAD" kita akan di ahlikan ke tab yang berisi "license name dan license key". maka proses download akan otomatis berjalan.

3.) Kemudian kita bisa lihat file "PRTG Installer" sedang di download, kita tunggu hingga selesai.

4.) Kemudian hasil download sebelumnya berbentuk ZIP, maka kita extract terlebih dahulu. 

5.) Kemudian Setelah di extract file tersebut kita jalankan dengan "Run Administrator".

6.) Kemudian untuk Setup pertama, kita disuruh memilih bahasa yang akan di pakai selama proses installasi. Klik "OK" untuk melanjutkan.

7.) Kemudian kita disuruh menyetujui "License Agreement" untuk melanjutkan proses installasi. Klik "I accept the agreement" lalu klik "Next".

8.) Kemudian kita disuruh memasukkan "alamat email" yang aktif untuk melanjutkan proses installasi lalu klik "next".

9.) Kemudian kita tunggu proses installasi hingga selesai.

10.) Kemudian setelah proses installasi selesai, maka akan otomatis mengarahkan menuju tab login PRTG.

11.) Kemudian akan ada tampilan pertama "Overview" dari monitoring server PRTG.

12.) Kemudian kita bisa juga melihat garafik monitoring di menu "Home".

Notifikasi Server by Email

13.) Pertama sebelum setting di PRTG Server, kita terlebih dahulu membuka email kita. Lalu klik logo email > Manage your Google Account > Security > Less secure app access >Turn off access (recomended).

14.) Kemudian kita nuat menjadi "ON" pada Less secure app access.

15.) Kemudian pada PRTG Server kita klik menu Setup > Notification Delivery.

16.) Kemudian kita isikan dan sesuaikan data pada kolom di bawah ini, yaitu : SMTP Delivery Mechanism, SMTP Relay Server, SMTP Relay SMTP Port, SMTP Relay Authentication, SMTP Relay User, SMTP Relay Password, Encrypt Connection, Encryption Method. Lalu klik save, kemudian klik "Test SMTP Settings"


17.) Kemudian kita masukkan "Email dan Subject", lalu klik "OK."

18.) Kemudian akan muncul pop up yang menyatakan bahwa notfikasi akan dikirim

19.) Kemudian pada "Inbox" di email kita, akan muncul notifikasi dari PRTG server kita, seperti gambar di bawah ini.



Sekian dari blog saya semoga bermanfaat :)




Komentar

  1. Assalamu'alaikum kak, gimana caranya klo konfigurasi sistem kontrol dan monitoring linux/freebsd

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum kak, gimana caranya klo konfigurasi sistem kontrol dan monitoring linux/freebsd

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAB 17 : Cara Mengkonfigurasi Share Hosting

LAB 8 : Cara Mengkonfigurasi Database Server